Back To Normal

Subscribe To Our E-Mail Newsletter

Rabu, 10 Februari 2016

Implementasi Komputasi Awan Atau Cloud Computing


Couch ModePrint It



Sebelum membaca lebih jauh tentang Implementasi Komputasi awan
untuk anda yang belum mengerti apa itu Cloud computing atau komputasi awan bisa membaca penjelasan singkatnya disini.

Dengan adanya Cloud computing perusahaan atau instansi tidak perlu lagi memikirkan masalah tentang server, listrik, pendingin ruangan, ruang server dan staff IT.
anda hanya perlu membayar layanan yang anda gunakan.

Bidang Pendidikan

Cloud computing bisa dibilang cocok untuk bidang pendidikan karena bisa menghemat biaya yang mahal dan juga menghindari penerapan yang rumit.
salah satu contoh cloud computing pada bidang pendidikan adalah Google, anda tidak perlu menginstall software ataupun membeli server sendiri.

Yang anda butuhkan hanya koneksi internet. Google Apps adalah kumpulan dari aplikasi google yang dapat digunakan oleh semua kalangan baik itu umum, pendidikan, bisnis maupun lembaga non profit.

Google Apps for education saat ini menawarkan sebuah solusi hosting gratis untuk email, file dan berbagai dokumen lain.
Fitur-fitur Google Apps for education antara lain adalah
1.Gmail: berbeda dari gmail untuk umum anda bisa menggunakan format khusus untuk alamat email anda. misalnya staffguru@smp1jakarta.civitas.ac.id

2.Google calendar: Dengan google calendar yang saling terhubung, baik admin, guru maupun murid dapat mengatur dan berbagi jadwal kegiatan mereka masing-masing.

3.Google talk: Admin, guru maupun murid bisa saling mengirimkan pesan suara dimanapun dan kapanpun.

4.Google docs:bisa digunakan untuk berbagi dokumen, presentasi juga mengedit dokumen secara real time bersama rekan anda.

5.Google sites:digunakan untuk memelihara suatu dokumen, informasi dan lainnya dalam bentuk website.

6.Google video for education: Sebuah solusi untuk berbagi video yang memungkinkan sekolah untuk memanfaatkan video sebagai media pembelajaran yang efektif.


Bidang Kesehatan

Pernahkah anda mendengar tentang "Telemedicine" ?

dikutip dari Wikipedia
"Telemedicine adalah pemakaian telekomunikasi untuk memberikan informasi dan pelayanan medis jarak-jauh. Aplikasi telemedicine saat ini, menggunakan teknologi satelit untuk menyiarkan konsultasi antara fasilitas kesehatan di dua negara dan memakai teknologi video conference."

Telemedicine bisa jadi solusi untuk orang banyak dalam masalah kesehatan dengan memanfaatkan teknologi cloud maka pasien tidak perlu jauh-jauh datang ke rumah sakit yang bisa menghabiskan banyak waktu diperjalanan juga biaya bahan bakar.

Cukup dengan menggunakan email atau video conference pasien sudah bisa berkomunikasi dengan dokter.
Disisi lain dengan penggunaan telemedicine ini juga memungkinkan munculnya masalah baru seperti penipuan yang bisa dilakukan oleh "dokter gadungan" namun hal tersebut dapat dicegah dengan penggunaan security bagi pengguna telemedicine.


:D
:)
:[
;)
:D
:O
(6)
(A)
:'(
:|
:o)
8)
(K)
(M)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar